Rekomendasi Provider Internet Terbaik Di Indonesia




Halo! Pada artikel kali ini kita akan membahas dan merekomendasikan kalian tentang Provider Internet Terbaik Di Indonesia. Sebelumnya, apakah kalian sedang bingung untuk memilih mana yang terbaik diantara yang lainnya? Atau kalian mencari yang murah? Atau mungkin kalian lebih milih yang paling ngebut dibandingkan yang lain?. Kalau kalian masih bingung mau pilih yang mana, coba deh liat daftar ini yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan kalian. Langsung aja kita bahas, sebenernya Provider Internet Di Indonesia apa aja sih?

1. BIZNET



biznet

Didirian pada tahun 2000, Biznet Networks adalah salah satu operator telekomunikasi fixed-line dan operator multimedia di Indonesia yang memberikan layanan seperti jaringan, layanan internet, pusat data, serta layanan hosting dan cloud computing. Pada awalnya Biznet berfokus pada dunia pasar korporat, hingga saat ini menyambangi ranah consumer. Untuk kalian yang pernah nongkrong-nongkrong di Seven Eleven dengan hanya memesan chiki dan air mineral tetapi nongkrongnya hingga berjam-jam pasti dong udah tau gimana cepetnya internet Sevel ini? Saya juga pernah kok, tenang aja hehe.

Biznet sampai sekarang masih saya akui kecepatannya, walaupun saya pernah mau mencoba dan tidak jadi di karenakan jangkauannya belum terlalu luas atau mungkin belum sampai ke rumah saya pada tahun 2015, pada akhirnya saya memilih provider lain. Provider ini menggunakan  teknologi jaringan seperti Metro Ethernet, GE-PON (Gigabit Ethernet Passive Optical Network), HFC (Hybrid Fiber Coaxial), NG-SDH (Next Generation - Synchronous Digital Hierarchy) dan MPLS (Multi Protocol Switching Layer), jadi mungkin kalau dirumah kalian belum bisa FTTH, kemungkinan besarnya adalah kalian menggunakan kabel Hybrid. Tapi tenang, Biznet ini banyak yang sudah mengakui ke stabilannya, buktinya banyak sekali perusahaan besar yang mempercayakan koneksi internetnya pada provider internet satu ini.

Untuk consumer, Biznet mempunyai layanan yaitu Biznet Home yang menawarkan dengan harga yang cukup terjangkau dan tanpa FUP! Ini menjadi berita yang bagus untuk kalian yang suka streaming dan sering download file-file yang cukup besar. Berikut adalah harga-harga dan paket yang ditawarkan oleh Biznet




Tidak seperti yang lain, Biznet menawarkan paket internetnya saja, paket combo dengan IPTV, dan juga IPTV jadi kalian bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kalian. Untuk soal stabil, gausah di ragukan lagi deh, buat main game online juga pasti ngacir kok tanpa loss ataupun ping tinggi.


2. MNC PLAY MEDIA



MNC Play Media mungkin masih baru diantara yang lainnya, saya dulu pakai provider ini di tahun 2015. Walaupun sebelumnya di tahun 2014 pernah ditawarkan dan ternyata rumah saya belum terjangkau, walaupun hanya beda satu RT aja sih. Yang saya bingungkan kenapa di wikipedia tanggal peluncurannya 2017, padahal saya pakai MNC Play dari tahun akhir 2015-2018. Mungkin peresmiannya yang terlambat atau mungkin ada hal lain yang saya tidak mengerti.

Pengalaman saya menggunakan MNC Play Media sangat memuaskan, jarang sekali ada maintenance dan kecepatannya juga sangat stabil. Kecepatan yang ditawarkan mempunyai perbandingan 1:1, yang berarti kecepatan download dan uploadnya sama besar sehingga untuk kalian yang mau memulai menjadi live streamer di YouTube, Twitch, dan platform lainnya tidak akan merasakan lag pada video yang di tampilkan pada platform tersebut.

Untuk bermain game online, ping yang di hasilkan oleh provider ini juga cukup kecil yaitu sekitar 15-20ms dan packet loss sebesar 0% yang kan membuat pengalaman mabar kalian menjadi lebih menyenangkan tanpa harus membanting mouse dan keyboard karena lag yang menyiksa jiwa.
Paket yang di tawarkan juga cukup terjangkau, berikut adalah paket-paketnya:




Bagi kalian yang hanya menginginkan internetnya saja memang tidak terlihat harga-harga paketnya di web, karena memang pilihan menunya di hide, kalau kalian mau melihat harga-harga paketnya kalian harus memilih menu registrasi dulu. Tapi tenang aja, kita punya kok harga-harga paketnya, nih coba diliat dulu:



Apa saya merekomendasikannya? Ya pastinya dong! MNC Play Media menawarkan layanan FTTH bukannya hybrid atau coaxial, tapi bener-bener fiber. Saya sudah membuktikannya, kecepatannya juga stabil kok, jadi jangan di ragukan lagi deh!.


3. MYREPUBLIC

Myrepublic adalah perusahaan internet multinasional yang karntornya berpusat di Singapura. Hadir pada tahun 2011, Myrepublic menawarkan paket-paket yang sangat menggiurkan, dengan berbekal rekam jejaknya di luar negeri provider ini menjanjikan hal yang baru untuk pasar Indonesia.
Jika sebelumnya hanya ada tagline FTTH, myrepublic dengan berani menyasar pangsa pasar gaming di Indonesia karena memang belum ada pada waktu itu.

Dengan paket-paket yang murah disertai kecepatan yang tinggi, Myrepublic berhasil mencuri perhatian para gamer di Indonesia. Selain internet, provider ini juga menawarkan layanan tv kabel, dan berikut adalah harga dari paket-paketnya :




Dan ini adalah paket internetnya :






Sepertinya Myrepublic hanya terfokus pada paket internetnya saja karena dari yang saya lihat paket combonya hanya terdapat satu pilihan. Untuk masalah dari provider ini masih belum banyak, tapi dari beberapa kasus yang terjadi, kebanyakan dari mereka mengeluhkan maintenance yang lama yaitu sampai satu hari lamanya.


4. FIRST MEDIA

Buat kalian pelanggan lama pasti kalian mengenal Fastnet, ya itu memang nama First Media sebelum mengganti nama dan menambah layanannya. First Media menawarkan kecepatan yang cukup ngebut dan harga yang ditawarkan juga cukup murah. Provider ini masih menggunakan kabel hybrid dan hanya beberapa kota besar saja yang sudah menggunakan FTTH, informasi ini saya dapatkan langsung dari teknisi First Media yang saya sangat sayangkan sekali karena terlihat pilih kasih.

Jika sebelumnya First Media menggunakan modem Cisco, mereka menggantinya dengan Technicolor dan router wifi D-Link yang menurut teknisi mereka juga sangat menurunkan performa internet dari provider ini. Berikut adalah harga-harga yang ditawarkan oleh First Media:




First Media tidak menyediakan paket internetnya saja, ini tentunya sangat disayangkan jika kalian memang hanya menginginkan internetnya saja, tapi mungkin kalian bisa memintanya jika kalian menghubungi customer servicenya karena saya juga menelpon mereka agar saya menggunakan internetnya saja.

Provider ini juga menawarkan tagline barunya yaitu Game Xpert, yaitu berupa speed booster untuk upload speed dan mengganti router bawaannya dengan yang berteknologi tinggi.




Dari segi maintenance saya rasa juga sangat jarang, dan apa kata orang-orang selama ini jika coaxial tidak akan stabil jika sedang hujan, tapi tenang aja karena teknologi coaxial sekarang tidak seperti dulu. Untuk kecepatan main game juga stabil kok, ping yang di hasilkan ada di angka 18-25ms dan loss sebesar 0%, jadi gak ada lag deh.


5. Indihome




Indihome atau Indonesia Digital Home adalah salah satu produk layanan internet milik PT. Telekomunikasi Indonesia yang menyediakan Telepon rumah, TV kabel, dan internet dalam bentuk 3 in 1. Sebelumnya Indihome bernama Speedy dan berganti nama pada tahun 2015 karena layanan dagang Speedy pada waktu itu akan di berhentikan. Banyak komentar respon negatif dari para user speedy dan terkenal sekali dengan lemotnya serta pelayanan yang buruk, tetapi sekarang salah satu anak perusahaan dari Telkom ini memutuskan untuk migrasi ke Fiber Optic yang dinilai lebih cepat dari pada Coaxial ataupun Hybrid.

Bahkan setelah bermigrasi pun, nampaknya tidak membuat Indihome berhenti membuat kontroversi yaitu dengan memblokir Netflix yang mereka gantikan dengan Iflix dan itu pula masih anak perisahaan dari PT. Telkom, pembatasan kecepatan untuk YouTube, dan penerapan FUP pada setiap paketnya. 

Untuk paket, cuma provider ini yang menyediakan bundling yang sangat banyak salah satunya itu dengan telepon rumah. Rasanya kalau di masukan kesini semua muingkin kalian akan bosan melihat gambar-gambarnya, maka dari itu saya persingkat saja. Berikut adalah paket-paketnya:


Paket Prestige



Paket ini menyediakan paket dimulai dari harga 345 ribu hingga 935 ribu, semua paket ini termasuk dengan paket telepon.


Paket Gamer



Walaupun mempunyai tagline gamer, anak perusahaan Telkom ini tetap tidak mau melepaskan bundling teleponnya, dan semua paket ini juga sudah include dengan tv kabel. Paket ini memiliki harga mulai dari 380.000 ribu hingga 1.380.000 ribu yang mempunyai kecepatan paling tinggi diantara paket yang lainnya.


Paket Streamix



Dilihat dari namanya, paket ini sepertinya menyasar mereka yang doyan sekali sama streaming, dengan bundling CATCHPLAY, IFLIX, dan USEE TV paket ini juga sudah termasuk dengan telepon dan tv kabel. Dari segi harga, paket pada piliha ini tersedia dari 385 ribu hingga 975 ribu dan pastinya ini yang tercepat.


Paket Phonix




Jujur saya kurang mengeri dengan paket ini, mungkin paket ini hanya ditujukan untuk telepon saja, tapi kenapa ada internetnya ya? Paket ini memiliki harga mulai dari 345 ribu hingga 935 ribu dengan kecepatan dari 20Mbps hingga 100Mbps.

Saat ini banyak sekali masalah yang bermunculan dengan provider buatan Indonesia ini, salah satunya bagi para pemain game online seperti Counter Strike Global Offensive, dan DOTA 2, mengalami ping dan loss yang tidak konstan dan bersifat mendadak yang pastinya akan mengganggu alur permainan kalian.

Terkadang masalah ini juga sering membuat pemainnya menjadi disconnect atau malah yang terburuk, yaitu abandon. Masalah lainnya adalah fup yang cepat habis walaupun pemakaiannya tidak terlalu besar, memang gak ada habisnya ini provider membuat kontroversi.


Honorable mentions

Selain provider terkenal tadi, mungkin provider ini belum atau mungkin kalian pernah mendengarnya. Berikut adalah daftarnya:

1. Oxygen

OXYGEN.ID

2. Indosat GIG

indosat GIG

3. XL HOME

XL HOME

4. CBN





Gimana? Udah bisa pastiin belum kalian mau pilih yang mana? Penyedia layanan internet di Indonesia memang banyak sekali, dan tidak sedikit juga yang sudah tutup. Harga yang kami tampilkan juga bisa berubah sewaktu-waktu, jadi mungkin beberapa bulan lagi akan berubah. Jika ada pertanyaan, boleh kok komentar, gausah ragu-ragu. Terima kasih, semoga artikel ini dapat membantu kalian.


Post a Comment

0 Comments