Perbedaan Hacker dan Cracker



Perbedaan Hacker dan Cracker

Pada masa sekarang kejahatan bisa di lakukan dimana, dan kapan saja, bahkan di belakang komputer. Mereka bekerja keras berhari-hari, bahkan berminggu-minggu hanya untuk membobol keamanan jaringan dari sasaran mereka. 


Perbedaan Hacker dan Cracker

Captain zap adalah contoh dari beberapa hacker yang sudah berhenti dari dunia gelapnya, dia mengungkapkan bahwa pernah membobol jaringan at&t untuk mengganti jam di system komputer mereka, sehingga siang menjadi malam dan malam menjadi siang di dalam jam komputer perusahaan tersebut. Sehingga pelanggan at&t yang melakukan telepon menjadi lebih hemat karena perubahan jam tersebut dan dia di sebut sebagai robinhood karena melakukan kejahatan untuk kebaikan. Dan saat ini pula ada pekerjaan baru yang di sebut sebagai ethical hacking atau istilah dalam dunia hacking adalah “the white hat”, mereka membobol system untuk mengetahui kelemahan keaman  dari suatu jaringan pada perusaan dan mereka menadapatkan gajih atas pekerjaannya itu. Di amerika, polisi disana pun memiliki hardware dan software untuk melacak semua kegiatan hacking yang ada di dunia untuk mengantisipasi atau memeperingati adanya serangan pada negara tersebut. Polisi nypd menyebutkan “hacker itu sulit untuk di lacak, mereka melakukan kejahatan di blekang komputer dan bahkan memakai masker untuk menutupi indentitas mereka. Kita mungkin menemukan jejak dari para hacker tersebut, tapi kita tidak bisa mengetahui keberasaan mereka”.

Ada cara untuk menghentikan hacker, yaitu dengan kita mengerti kebiasaan dan kemauan mereka, tetapi tetap saja, meskipun mereka memiliki ahli dan perangkat untuk melacak para hacker, hacker itu sendiri pun telah menyiapkan software yang di buat untuk mempersiapkan segala kemungkinan agar tidak telacak. Code red adalah salah satu serangan yang sangat berbahaya, bahkan membutuhkan miliryaran untuk membereskannya, serangan ini bahkan bisa medapatkan info tentang strategi peperangan, serangan pada suatu negara, yang berakhir pada kerugian karena bocornya informasi yang sangat rahasia ini. Sebagai contoh, pada tahun 2001, hacker asal china meluncurkan pesawat tempur ke amerika, dan bisa dibedakan dari “hacker” dan “cracker”, “hacker” menggunakan keahiliannya untuk menjaga suatu jaringa, berbeda dengan “cracker” yang merusak, mengambil informasi, dan melakukan tindakan merugikan lainnya. Pada masa kini di khawatirkan masyarakat yang tidak bisa membedakan definisi dari hacker dan cracker, yang berakhir pada justifikasi pada para hacker yang sebenarnya tidak merusak, dan tidak mencuri. Pernah juga terjadi pencurian film layar lebar, bahkan sebelum film di pasarkan di bioskop, para hacker ini sudah memonton terlebih dahulu karena system mereka mudah untuk di bobol dan mereka punya kecepatan internet yang memadai untuk melakukan streaming meskipun ukuran dari file tersebut sangat besar. Peperangan antara cracker dan hacker itu tidak mungking berakhir, karena mereka melakukan hal yang sama, menggunakan bahasa yang sama, hanya saja hacker tidak merusak dan tidak merugikan orang lain.


Post a Comment

0 Comments