Kecerdasan Tiruan dan Robot

Kecerdasan Tiruan dan Robot

Dari sekian banyak video yang ada di dalam video "How big is google",  ada satu teknologi yang membuat tangan saya gatal untuk menuliskan opini saya tentang project robot yang saya sudah lihat di YouTube.

Google Humanoid, ASIMO Toyota dan macam-macam robot lainnya
Di jaman yang sudah maju ini sudah di pastikan semua manusia ingin apa yang dikerjakannya atau di lakukannya menjadi lebih praktis, cepat, dan efisien. Tetapi menurut saya dengan semakin majunya teknologi akan membuat manusia semakin malas dan bahkan menjadi “budak teknologi”, seperti yang pernah di katakan Albert Einstein:

Kecerdasan Tiruan dan Robot

Kecerdasan Tiruan dan Robot


Tak dapat di pungkiri juga bahwa semakin majunya teknologi maka privasi masing-masing orang hanya akan menjadi sebuah hal yang mustahil, seperti kasus dari Apple yang membocorkan data penggunanya ke NSA yang akhirnya terungkap ke publik karena Edward Snowden. Dan semakin majunya teknologi ini pula yang membuat manusia menjadi anti sosial, mereka lebih sibuk dengan hal yang fana sedangkan yang nyata di abaikan.

Kembali lagi ke permasalahan robot tadi, robot rasanya semakin kesini, semakin pintar saja, walaupun memang itu buatan manusia tapi karena algoritma yang di masukkan ke dalam robot sehingga mereka mendapatkan kecerdasan buatan atau artificial intelligent yang di mana mereka bisa melakukan hal-hal yang seperti manusia lakukan juga. Disamping kecanggihan itu, kecerdasan buatan juga berpotensi berbahaya bagi umat manusia, seperti yang di ungkapkan oleh Elon Musk, Stephen Hawking, dan Steve Wozniak:

Kecerdasan Tiruan dan Robot

Kecerdasan Tiruan dan Robot

Kecerdasan Tiruan dan Robot



Bisa kita lihat betapa menyeramkannya kecerdasan buatan ini, para ahli pun seperti tidak setuju jikalau kecerdasan buatan ini di aplikasikan ke segala jenis aspek kehidupan, dan mungkin film seperti terminator pun akan menjadi kenyataan dimana sebuah mesin punya pemikiran sendiri dan kita di atun oleh pemikiran mesin tersebut. Bahkan perna terjadi ketika 2 kecerdasan tiruan berbicara satu sama lain dengan Bahasa yang tidak dimengerti seperti yang di alami facebook yang berujung dimatikannya system tersebut

Akibat negatif dari robot
Apabila robot di aplikasikan ke semua aktivitas, hal yang di pastikan adalah kita menjadi lebih malas bergerak. Dan adanya robot-robot di perusahaan pun dapat membawa efek negative, seperti banyak orang yang akhirnya kehilangan pekerjaannya, meskipun tak bisa di pungkiri bahwa adanya robot ini membuat biaya kesehatan, dan gajih karyawan bisa ditiadakan, tetapi pasti ada pihak yang dirugikan pula.

Walaupun ada sisi negatifnya, robot dan kecerdasan buatan juga bisa bermanfaat, seperti penggunaan robot untuk penambangan emas di papua, dan penggunaan oleh dokter untuk melakukan operasi. Teknologi boleh saja maju, asalkan manusianya juga itu maju, jangan sampai kita di perbudak teknologi nantinya, jadi tidak ada salahnya untuk berkembang untuk membuat kehidupan menjadi lebih efisien dan praktis.

Post a Comment

0 Comments